PENDAHULUAN

Temukan pengetahuan mengenai Perkara Cerai disini. Baca & simak sesuai dengan masalah yang anda hadapi.

Jika anda tidak ingin membaca beberapa tulisan saya yang bersifat teoritis terkait dengan Undang-Undang Perkawinan, Undang-Undang Peradilan Agama, Kompilasi Hukum Islam karena memang anda sedang menjalani atau akan menjalani sidang pemeriksaan perkara anda, maka silahkan anda langsung masuk ke DAFTAR ISI di bawah ini lalu Klik artikel tentang "PROSEDUR PERCERAIAN" sesuai kebutuhan yang saya bagi dalam 3 (tiga) kelompok, yaitu :

1. Artikel : GUGAT CERAI : Bagi anda yang beragama ISLAM Seorang ISTRI yang akan menggugat perceraian dari SUAMI.

2. Artikel : CERAI TALAK : Bagi anda yang beragama ISLAM seorang SUAMI yang akan memohon izin untuk menjatuhkan talak kepada ISTRI.

3. Artikel : GUGATAN PERCERAIAN : Bagi anda yang beragama NON MUSLIM seorang SUAMI atau seorang ISTRI yang memiliki alasan / alasan-alasan yang cukup untuk melakukan perceraian.

Perlu kita ketahui, bahwa meningkatnya perkara perceraian dewasa ini sungguh membuat miris hati, walau sesungguhnya sulit bagi seseorang memutus suatu ikatan Perkawinan. Belum lagi dampaknya terhadap anak-anak & keluarga dari kedua belah pihak berperkara.

Kemudian, dalam pelaksanaannya banyak para Pencari Keadilan harus berhadapan dengan praktek-praktek menyimpang dari oknum-oknum Birokrasi. Juga acap ditemukan bentuk-bentuk intimidasi, tekanan, & penyalahgunaan wewenang serta penyelewengan Hukum Acara dari yang seharusnya.

Mengingat hal-hal itu & betapa masyarakat masih buta hukum, maka Blog ini dapat memberi alternatif jalan keluar serta menjadi pilihan pembuka wawasan bersama.

Semoga bermanfaat...!
dan Selamat Bersidang.

DAFTAR ALAMAT PENGADILAN AGAMA

DAFTAR ALAMAT & NOMOR TELEPON KANTOR PENGADILAN

DI LINGKUNGAN PERADILAN AGAMA

WILAYAH JAKARTA RAYA DAN SEKITARNYA


MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

(Peradilan Tingkat Kasasi dan Peninjauan Kembali)

Jalan Medan Merdeka Utara

Nomor 9 – 13

Jakarta Pusat

DKI Jakarta


PENGADILAN TINGGI AGAMA DKI JAKARTA

(Peradilan Agama Tingkat Banding Wilayah DKI Jakarta)

Jl. Raden Intan II Nomor 3

Duren Sawit Jakarta Timur

Jakarta 13440

Telp : 021 86902313, 86903183

Fax : 021 86902314


PENGADILAN AGAMA JAKARTA PUSAT

Jl. KH. Mas Mansyur

Gg. H. Awaluddin Nomor II/2

Tanah Abang Jakarta Pusat

Jakarta 10230

Telp : 021 31927910

Fax : 021 3161118


PENGADILAN AGAMA JAKARTA UTARA

Jl. Plumpang Semper Nomor 3

Tanjung Priok Jakarta Utara

Jakarta 14260

Telp / Fax : 021 43935317


PENGADILAN AGAMA JAKARTA TIMUR

Jl. Raya PKP Nomor 24

Kelapa Dua Wetan Ciracas

Jakarta Timur

Jakarta 13730

Telp : 021 87717548

Fax : 021 87717549


PENGADILAN AGAMA JAKARTA SELATAN

Jl. R. Harsono Nomor 1

Ragunan Jakarta Selatan

Telp :

Fax :


PENGADILAN AGAMA JAKARTA BARAT

Jl. Flamboyan II No. 2

Cengkareng Barat Jakarta Barat

Jakarta 11560

Telp : 021 55951554

Fax : 021 55963233


PENGADILAN TINGGI AGAMA BANDUNG

(Peradilan Agama Tingkat Banding Wilayah Propinsi Jawa Barat)

Jl. Soekarno Hatta Nomor 714

Gedebage Bandung

Jawa Barat 40222

Telp : 022 7810365

Fax : 022 7810349


PENGADILAN AGAMA BANDUNG

Jl. Pelajar Pejuang 45 Nomor 8

Bandung

Jawa Barat 40263

Telp : 022 7304250


PENGADILAN AGAMA BOGOR

(Peradilan Agama Tingkat Pertama Wilayah Kotamadya Bogor)

Jl. Dadali II Nomor 2

Bogor

Jawa Barat 16134

Telp / Fax : 0251 387905


PENGADILAN AGAMA CIBINONG

(Peradilan Agama Tingkat Pertama Wilayah Kab. Bogor)

Jl. Bersih Nomor 1

Kompl Pemda Kab. Bogor

Cibinong

Jawa Barat 16914

Telp : 021 87907651


PENGADILAN AGAMA DEPOK

(Peradilan Agama Tingkat Pertama Wilayah Kotamadya Depok)

Jl. Boelevard Sektor Anggrek

Grand Depok City

Kompleks Pemda Depok

Kota Kembang Depok

Jawa Barat 16413

Telp :

Fax :


PENGADILAN AGAMA BEKASI

(Peradilan Agama Tingkat Pertama Wilayah Kotamadya Bekasi)

Jl. Jend. Ahmad Yani Nomor 10

Km. 18 Bekasi

Jawa Barat 17141

Telp : 021 8841880


PENGADILAN AGAMA CIKARANG

Jl. Gatot Subroto Nomor 32

Cikarang

Jawa Barat 17530

Telp : 021 89106614


PENGADILAN TINGGI AGAMA BANTEN

(Peradilan Agama Tingkat Banding Wilayah Propinsi Banten)

Jl. Kol. H. Tb. Suwandi Nomor 12

Serang

Banten 42117

Telp : 0254 216827

Fax : 0254 202024


PENGADILAN AGAMA TANGERANG

(Peradilan Agama Tingkat Pertama Wilayah Kotamadya Tangerang)

Jl. Perintis Kemerdekaan Nomor II

Cikokol Tangerang

Banten 15118

Telp / Fax : 021 5524565


PENGADILAN AGAMA TIGARAKSA

(Peradilan Agama Tingkat Pertama Wilayah Kab. Tangerang)

Kompl. Pemda Kab. Tangerang

Jl. Masjid Agung Al Amjad Nomor 1

Tangerang

Banten 15720

Telp / Fax : 021 5991605

28 komentar:

  1. alamat PA Bandun sekarang ganti di Jl Terusan jakarta No120 Antapani Tengah Kota Bandung bisa di lihat di website PA Bandung di www.pa-bandung.go.id

    BalasHapus
  2. assalamualaikum,
    saya tinggal di kecamatan teluknaga kabupaten tangerang, dimana saya dapat mendaftarkan gugatan cerai ?
    terima kasih

    BalasHapus
  3. Maaf Mau tanya,

    knp yah surat pengantar cerai dari Pengadilan Agama TIGARAKSA Tangerang di kota di mana mantan suami saya tinggal kok bgitu lama skalii tdk jadi-jadi yah..? padahal pihak Pengadilan sdh memastikan bhw surat cerai sy maksimal 1,5bln sdh jadi??? skr sdh lebih dari 2bln ya belum jadi-jadi! dan katanya P.A di kota sy (sby) slalu saja jawab "belum.. belum dan belum ada surat kiriman dari P.A Tangerang"

    Aduhh.. sampe' gregetan sy tlp ratusankali ke P.A sby utk menanyakan suratnya apa sdh turun dari P.A Tangerang?? tapi mreka slalu jawab "belom".. knp P.A gk konsisten, lemot skalii!!

    yg sy curigai,
    apakh kondisi yg sy alami ini adalah salah satu dari permainan instansi (badan pemerintah) jaman skr??? apakah perlu di buat surat terbuka dulu di media masa, baru P.A bisa tergerak utk bisa bersikap profesional dalam melayani dan menyelesaikan masalah surat perceraian warga2nya dg tepat janji/waktu?

    Mohon pencerahannya,
    sy minta maaf bila ada kata2 yg kurang mengena di hati. skr sy tdk tau harus berbuat apalagi, sy sngt pusing dg keadaan yg menggantung sprti ini.

    BalasHapus
  4. Istri sy mau minta cerai,sementara saya tidak mengabulkan. Apalagi pakai target harus selesai satu bulan.Mohon informasi prosedur administrsai,proses, maupun waktu untuk menyelesaikan perceraian apakah semudah yang kita bayangkan?

    BalasHapus
  5. saya digugat cerai sama istri bulan september 2011...kami melakukan sidang hampir 2 bulan,...sidang kami beres bulan nov awal..menurut informasi dari PA bahwa surat cerai akan keluar 3x sesudah masa sucian istri (3 bulan)...
    tapi sampai sekarang surat tersebut belum keluar juga...apakah memang pegawai dari PA itu pada cuek atau tidak kerja atau memang harus dikejar terus oleh pihak kita...yang saya tanyakan emang kepastian prosedurnya gmna dan jangka waktunya juga gmna...??????

    BalasHapus
  6. salam sejahtera bagi kita semua...
    saya tinggal di daerah ciputat. tapi menikah di jawa timur.
    kira2 di mana saya bisa menggugat cerai suami saya? kalaupun di jakarta, alamat kantor terdekat dari ciputat dimana? terima kasih.

    BalasHapus
  7. misalnya menikahnya d KUA indonesia, tp cerai nya di australia, ada sertifikat prcerainya, jadi resmi/sah cerai.... apa harus perlu laporan juga d indonesia??? perlu g sih??

    BalasHapus
  8. neneng

    saya menikah di pamulang di mana kalau saya mau menggugat suami saya cerai......sementara saya tinggal nya di depok.sedangkan saya sudah datang ke KUA pamulang tp saya malah bertemu calo sedangkan saya ingin menjalani proses perceraiian melalui prosedur nya,tp tidak di kasih tau di mana saya harus mengurus nya...........mohon informasi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tempat domisili terakhir bu

      Hapus
  9. Gue pengen minta surat cerai aje.. buku nikah dah di bakar bini laknat !!! susah bener .!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta duplikat buku nikah ngurus di KUA tempat anda menikah. setelh itu, urus perceraiannya di PA terdekat dgn anda

      Hapus
  10. saya mengajukan cerai ke suami saya thn 2003 di kantor pengadilan agama pulogadung. sudah sidang 3 x dan sudah putus. tapi waktu sidang suami saya tidak pernah hadir. akhirnya surat cerai sy tdk keluar sampai hari ini. sy sdh pernah minta tlng teman apakah akte cerai tsb bisa didpt tp ktnya gak bisa. akhirnya sampai skrng +/- 9 thn status sy gak jelas. dan paling bikin sy kesal krn sy tdk bs kpr rumah krn aktenya tdk ada. mohon kiranya ada advis dan solusi yg baik buat sy. tks

    BalasHapus
  11. Mengapa hakim pengadilan agama jaksel mengucapkan kata tidak ada uang tidak bisa sidang.rasanya tidak punya hati nurani

    BalasHapus
  12. Ass .... Apa dan bgmn syarat syarat perceraian jika suami sdh meninggalkan kami selama 13 thn yg lalu dan tidak ada kabar sm skali apalagi nafkah utk putrinya sm skali tdk ada. Tmksih. Mhn bantuanya wassalam. Putri

    BalasHapus
  13. bagaimana jika perceraian terjadi sdh 2thn yg lalu, dan sekarang menuntut harta harta gono gini. karnadulunya tdk melalui pengadilan agama dan di paksa dan keterpaksaan

    BalasHapus
  14. saran buat para hakim di pengadilan agma agar lebih bijaksana dalam menghadapi setiap sidang perceraian jangan hanya mengejar banyaknya pasangan yg mau cerai terus bisa semaunya sidang perceraian nga lebih dr 5 menit bagaimna perceraian bisa di hindari jika ad hakim yg hanya sidang mengejar waktu...

    BalasHapus
  15. Maaf saya mau tanya.
    Saya tinggal di Bogor, tetapi alamat KTP masih di Tangerang Selatan. Jika saya mengajukan Gugatan Talak, ke PA yang mana ya?
    Terimakasih.

    BalasHapus
  16. apakah termohon bisa menolak perceraian karena pada hakikatnya antara suami istiri tidak ada masalah tetapi dikarenakan pihak mertua tidak suka terhadap istri?

    BalasHapus
  17. kok PA jaksel g ada no.telpnya....ada yg tau g yaa...thanks

    BalasHapus
  18. ada yg tau no telp PA JAKSEL G

    KAN ADA DALIL2 PERMOHONAN PEMOHON SBG BERIKUT:
    YG NO 1. SAYA G NGERTI

    BHW PEMOHON DAN TERMOHON ADLH SUAMI ISTRI YG MELANGSUNGKAN PERNIKAHAN PD TGL.....DAN DICATAT OLEH PEGAWAI PENCATAT NIKAH KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SESUAI KUTIPAN AKTA NIKAH NOMOR .........TGL.........SESUAI DNG DUPLIKAT KUTIPAN AKTA NIKAH NOMOR KM ...... TGL......


    YG SAYA TDK MENGERTI NOMOR KM ITU YG MANA DAN TGL YG DICANTUMKAN ITU YG MANA

    MOHON SAYA INI DI BERITAHU TRIMAKASIH SEBELUMNYA

    BalasHapus
  19. Sya mendapat surat panggilan cerai dari pa tigaraksa,tgl 23 juli sidang tgl 29 juli ,sya kira sidang pertama eh ternyata ituu sidang kedua,sedang kan sidang yang pertama sya dikasih surat nya dijadiin satu kedalem amplop sidang kedua ituu,apaa sich maksud dari PA sampe2 sya tidak tahu sidang ke1 ituu,knpa sidang ke1 surat nya dijadiin satu sama yang ke2?
    Sya merasa sangat dirugikan banget,trus appa bisa bila termohon tidak datang slama 2x hasil sidang putus?jujur sya tidak mengerti masalah inni,sya mohon jawaban nya trima kasih

    BalasHapus
  20. Pengadilan agama tigaraksa sdh byk yg dirugikan krn byk penggugat yg di tunda sidangnya krn blm ada balasannya dr PA tigaraksa.akibatnya sy hrs membayar trus. Dimana sy hrs mengadukan hal ini

    BalasHapus
  21. ass...

    sya mau tanya.... gugat cerei atau talaq biaya administrasi nya brp ....??? dengan atau tanpa pengacara....


    trims

    BalasHapus
  22. dimana sya bisa mendapatkan seorg pengacara tuk mengurus gugatan cerei sya......????

    BalasHapus
  23. Hari ini saya ke kua pamulang untuk sekedar mencari informasi tentang perceraian, dan ternyata saya disuruh langsung mengurusnya di pengadilan agama TIGARAKSA. Kira2 berapa ya biaya yang harus dikeluarkan disana?

    BalasHapus
  24. Saya menikah d pemalang jawa tengah tp saya dan swami tinggal d johar jakpus, saya ingin menggugat swami d jakarta apa bisa? Katanya hrs minta surat keterangan rt/rw baru bs d urus d jkt ap itu bnr? Bagaimana Caranya biar Cepat proses Cerainya ap bs 2 bulan turun surat cerai? N d pengadilan agama yg dekat johar baru ad dmn? Mohon keterangannya

    BalasHapus
  25. Aslm.saya selaku tergugat dari seorang istri,waktu sidang pertama saya ikut,trus selanjutnya saya dilarang oleh mantan istri saya untuk ikut,nah dari situ sampai sekarang kurang lebih udah 9 bulanan,saya tidak jelas lagi gmn kelanjutannya,saya bingung,trus anak2 saya jadi korban ,tapi saya sebagai seorang ayah yg masih sangat sayang sama ana2,saya sering tengokin,yang saya mau tanyakan (gmn caranya agar anak 2saya bisa saya ambil dengan sah dan ada keputusan yg adil dari pengadilan,soalnya anak2 lebih dekat ke saya dibanding sama ibunya.cuma anak2 saya masih kecil2,dan kelihatan klo ibunya jg kurang kasih sayang ke anak2nya.saya mohon petunjuk yg mana yang harus saya pilih agar anak2 saya tidak terlantar dan terurus dengan baik.)trus apakan saya bisa tuntut istri saya agar bisa pertangung jawabkan semua ini karna ulah dia.klo memang pengadilan ada orang untuk melihat atau membuktikan langsung bisa ketemu dengan saya dan kita lihat langsung ke rumah mantan saya,klo memang ada yg belas kasihan ke saya,mohon bantuannya,saya sudah yatim piyatu tidak punya sodara dan orang tua,saya anak tunggal,trimakasih.

    BalasHapus

Silahkan tuliskan komentar atau tanggapan di bagian ini. Mohon pergunakan bahasa yang baik, singkat namun mudah dipahami secara umum. Jangan gunakan singkatan2 kata yang tidak populer sehingga akan menghindari kami dari salah interprestasi.

Selanjutnya komentar anda akan kami tanggapi sesegera mungkin.

Salam hormat,
JAMEMAGAM