Kamis, 22 Juli 2010

DAFTAR ALAMAT PENGADILAN AGAMA


DAFTAR ALAMAT & NOMOR TELEPON KANTOR PENGADILAN

DI LINGKUNGAN PERADILAN AGAMA


MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

(Peradilan Tingkat Kasasi dan Peninjauan Kembali)

Jalan Medan Merdeka Utara

Nomor 9 – 13

Jakarta Pusat

DKI Jakarta


PENGADILAN TINGGI AGAMA DKI JAKARTA

(Peradilan Agama Tingkat Banding Wilayah DKI Jakarta)

Jl. Raden Intan II Nomor 3

Duren Sawit Jakarta Timur

Jakarta 13440

Telp : 021 86902313, 86903183

Fax : 021 86902314


PENGADILAN AGAMA JAKARTA PUSAT

Jl. Rawasari Selatan No.51 
Kel. Rawasari, Kec. Cempaka Putih 
Jakarta Pusat - 10570 
Telp : 021-42802193, 42802210, 42802315
Fax : 021-42802307 


PENGADILAN AGAMA JAKARTA UTARA

Jl. Plumpang Semper Nomor 3

Koja Jakarta Utara

Jakarta 14260

Telp / Fax : 021 43935317


PENGADILAN AGAMA JAKARTA TIMUR

Jl. Raya PKP Nomor 24

Kelapa Dua Wetan Ciracas

Jakarta Timur

Jakarta 13730

Telp : 021 87717548

Fax : 021 87717549


PENGADILAN AGAMA JAKARTA SELATAN

Jl. R. Harsono Nomor 1

Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan

Telp : 7884001

Fax : 78839743


PENGADILAN AGAMA JAKARTA BARAT

Jl. Pesanggrahan Raya No. 32

Kembangan Selatan Jakarta Barat

Jakarta

Telp : 021 58352092

Fax : 021 58352093


PENGADILAN TINGGI AGAMA BANDUNG

(Peradilan Agama Tingkat Banding Wilayah Propinsi Jawa Barat)

Jl. Soekarno Hatta Nomor 714

Gedebage Bandung

Jawa Barat 40222

Telp : 022 7810365

Fax : 022 7810349


PENGADILAN AGAMA BANDUNG

Jl. Pelajar Pejuang 45 Nomor 8

Bandung

Jawa Barat 40263

Telp : 022 7304250


PENGADILAN AGAMA BOGOR

(Peradilan Agama Tingkat Pertama Wilayah Kotamadya Bogor)

Jl. KH. Abdullah Bin Nuh

Bogor Barat, Kota Bogor

Jawa Barat 

Telp : 0251 8348643
Fax : 0251 8348649


PENGADILAN AGAMA CIBINONG

(Peradilan Agama Tingkat Pertama Wilayah Kab. Bogor)

Jl. Bersih Nomor 1

Kompl Pemda Kab. Bogor

Cibinong

Jawa Barat 16914

Telp : 021 8765483
Fax : 021 8765491


PENGADILAN AGAMA DEPOK

(Peradilan Agama Tingkat Pertama Wilayah Kotamadya Depok)

Jl. Boelevard Sektor Anggrek

Grand Depok City

Kompleks Pemda Depok

Kota Kembang Depok

Jawa Barat 16413

Telp : 77835414

Fax : 77828434


PENGADILAN AGAMA BEKASI

(Peradilan Agama Tingkat Pertama Wilayah Kotamadya Bekasi)

Jl. Jend. Ahmad Yani Nomor 10

Km. 18 Bekasi

Jawa Barat 17141

Telp : 021 8841880


PENGADILAN AGAMA CIKARANG

Jl. Pemkab Bekasi Blok. E 2 

Cikarang Pusat

Jawa Barat

Telp : 021 89970560


PENGADILAN TINGGI AGAMA BANTEN

(Peradilan Agama Tingkat Banding Wilayah Propinsi Banten)

Jl. Raya Pandeglang Km. 7

Serang

Banten 42171

Telp : 0254 252485

Fax : 0254 251484


PENGADILAN AGAMA TANGERANG

(Peradilan Agama Tingkat Pertama Wilayah Kotamadya Tangerang)

Jl. Perintis Kemerdekaan Nomor II

Cikokol Tangerang

Banten 15118

Telp / Fax : 021 5524565


PENGADILAN AGAMA TIGARAKSA

(Peradilan Agama Tingkat Pertama Wilayah Kab. Tangerang)

Kompl. Pemda Kab. Tangerang

Jl. Atiek Soeardi Nomor 1

Tangerang

Banten 15720

Telp / Fax : 021 5994565

125 komentar:

  1. alamat PA Bandun sekarang ganti di Jl Terusan jakarta No120 Antapani Tengah Kota Bandung bisa di lihat di website PA Bandung di www.pa-bandung.go.id

    BalasHapus
  2. assalamualaikum,
    saya tinggal di kecamatan teluknaga kabupaten tangerang, dimana saya dapat mendaftarkan gugatan cerai ?
    terima kasih

    BalasHapus
  3. Maaf Mau tanya,

    knp yah surat pengantar cerai dari Pengadilan Agama TIGARAKSA Tangerang di kota di mana mantan suami saya tinggal kok bgitu lama skalii tdk jadi-jadi yah..? padahal pihak Pengadilan sdh memastikan bhw surat cerai sy maksimal 1,5bln sdh jadi??? skr sdh lebih dari 2bln ya belum jadi-jadi! dan katanya P.A di kota sy (sby) slalu saja jawab "belum.. belum dan belum ada surat kiriman dari P.A Tangerang"

    Aduhh.. sampe' gregetan sy tlp ratusankali ke P.A sby utk menanyakan suratnya apa sdh turun dari P.A Tangerang?? tapi mreka slalu jawab "belom".. knp P.A gk konsisten, lemot skalii!!

    yg sy curigai,
    apakh kondisi yg sy alami ini adalah salah satu dari permainan instansi (badan pemerintah) jaman skr??? apakah perlu di buat surat terbuka dulu di media masa, baru P.A bisa tergerak utk bisa bersikap profesional dalam melayani dan menyelesaikan masalah surat perceraian warga2nya dg tepat janji/waktu?

    Mohon pencerahannya,
    sy minta maaf bila ada kata2 yg kurang mengena di hati. skr sy tdk tau harus berbuat apalagi, sy sngt pusing dg keadaan yg menggantung sprti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalam mualaikum ...
      saya mau tanya biaya gugat cerai tampa sidang berapa

      Hapus
    2. Ibu Maimunah,

      Akta Cerai bisa terbit jika putusan pengadilannya telah memperoleh kekuatan hukum tetap, biasanya 14 hari setelah ketok palu. Jika masa waktu itu telah selesai maka sejak berkekuatan hukum tetap, maka ada masa iddah 3 bulan sepuluh hari. Jadi, secara idealnya sekitar 3,5 bulan sampai 4 bulan lamanya untuk penerbitan Akta Cerai.

      Akan tetapi, jika pihak suami tidak hadir saat sidang putusan (ketok palu), maka harus disampaikan dulu pemberitahuan isi putusan ke suami, baru 14 hari sejak telah diberitahukan dihitung 3 bulan sepuluh harinya. Barulah terbit Akta Cerai.

      Selanjutnya, karena Ibu beda kota, maka tentu penyampaian harus dilakukan secara delegasi, yaitu antar Peradilan Agama yaitu PA Surabaya dengan PA Tigaraksa. Ini sering memakan waktu lama, apalagi jika biaya pendelegasian belum dibayar, maka pasti tidak akan pernah dikirim ke Surabaya dari Tigaraksa.

      Sebaiknya ibu segera ke PA Tigaraksa sebagai Peradilan pengirim untuk menceknya, buka ke PA Surabaya yang merupakan Peradilan penerima.

      Hapus
    3. Biaya gugat cerai tanpa sidang itu biayanya kira-kira sama dengan biaya ijazah tanpa sekolah. Demikian.

      Hapus
    4. Pak @pokrol bambu

      sama mau tanya nomor PA tigaraksa yg aktif dan bisa dihubungi dan diangkat telphonnya yg mna ya pak mohon kasih info ke saya pak..tolong sebelumnya terimakasih...

      Hapus
    5. pak pokrol bambu
      minta infonya tolong untuk nomor telphon PA tigaraksa yg bisa dihubungi berapa pak, yg aktif dan ada respon..terimakasi h...

      Hapus
    6. Saya sudah 3 kali ikut sidang di pengadilan agama kota Depok,hakim sudah mengetuk palu dan katanya saya disuruh nunggu sidang terakhir yy katanya dipanggil lagi melalui surat,entah surat itu kapan datang sedangkan rencana nikah saya gagal,hampir 2 bulan surat yg saya tunggu-tunggu tidak juga datang,.

      Hapus
  4. Istri sy mau minta cerai,sementara saya tidak mengabulkan. Apalagi pakai target harus selesai satu bulan.Mohon informasi prosedur administrsai,proses, maupun waktu untuk menyelesaikan perceraian apakah semudah yang kita bayangkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda baca postingan / artikel kami berjudul CERAI GUGAT.dan artikel URUTAN BERACARA CERAI GUGAT

      Hapus
    2. Kakak sy di tinggal kabur istrinya sdh 3 tahun yg lalu dan istrinya tdk tau dimana alamatnya bagaimana caranya utk spy kakak sy memiliki surat cerai resmi tks

      Hapus
  5. saya digugat cerai sama istri bulan september 2011...kami melakukan sidang hampir 2 bulan,...sidang kami beres bulan nov awal..menurut informasi dari PA bahwa surat cerai akan keluar 3x sesudah masa sucian istri (3 bulan)...
    tapi sampai sekarang surat tersebut belum keluar juga...apakah memang pegawai dari PA itu pada cuek atau tidak kerja atau memang harus dikejar terus oleh pihak kita...yang saya tanyakan emang kepastian prosedurnya gmna dan jangka waktunya juga gmna...??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akta Cerai anda seharusnya sudah keluar dan sudah dapat diambil di Pengadilan tersebut. Jika belum juga, maka anda dapat menghadap ke Panitera/Sekretaris Pengadilan untuk mengadukan kerja bawahannya tersebut.

      Hapus
  6. salam sejahtera bagi kita semua...
    saya tinggal di daerah ciputat. tapi menikah di jawa timur.
    kira2 di mana saya bisa menggugat cerai suami saya? kalaupun di jakarta, alamat kantor terdekat dari ciputat dimana? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika perkawinan dilakukan secara non muslim, maka dilakukan di Pengadilan yang mewilayahi tempat kediaman suami.

      Jika muslim, maka diajukan di Pengadilan Agama tempat kediaman anda saat ini.

      Hapus
  7. misalnya menikahnya d KUA indonesia, tp cerai nya di australia, ada sertifikat prcerainya, jadi resmi/sah cerai.... apa harus perlu laporan juga d indonesia??? perlu g sih??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu. Perkawinan dan Perceraian di luar negeri, harus dilaporkan dan dicatatkan di Indonesia dengan jangka waktu tertentu.

      Hapus
  8. neneng

    saya menikah di pamulang di mana kalau saya mau menggugat suami saya cerai......sementara saya tinggal nya di depok.sedangkan saya sudah datang ke KUA pamulang tp saya malah bertemu calo sedangkan saya ingin menjalani proses perceraiian melalui prosedur nya,tp tidak di kasih tau di mana saya harus mengurus nya...........mohon informasi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tempat domisili terakhir bu

      Hapus
    2. Ajukan perceraian di Pengadilan Agama Depok, temui bagian pendaftaran (Meja 1) dan anda akan dilayani mengenai tata cara dan persyaratannya.

      Hapus
  9. Gue pengen minta surat cerai aje.. buku nikah dah di bakar bini laknat !!! susah bener .!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta duplikat buku nikah ngurus di KUA tempat anda menikah. setelh itu, urus perceraiannya di PA terdekat dgn anda

      Hapus
  10. saya mengajukan cerai ke suami saya thn 2003 di kantor pengadilan agama pulogadung. sudah sidang 3 x dan sudah putus. tapi waktu sidang suami saya tidak pernah hadir. akhirnya surat cerai sy tdk keluar sampai hari ini. sy sdh pernah minta tlng teman apakah akte cerai tsb bisa didpt tp ktnya gak bisa. akhirnya sampai skrng +/- 9 thn status sy gak jelas. dan paling bikin sy kesal krn sy tdk bs kpr rumah krn aktenya tdk ada. mohon kiranya ada advis dan solusi yg baik buat sy. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami tidak mengenal Pengadilan Agama Pulogadung, tapi jika anda merasa sudah mengurus perceraian di Pengadilan, maka Akta Cerai sudah terbit dan sudah dapat diambil di Pengadilan Agama Jakarta Timur yang terletak di daerah Ciracas.

      Hapus
  11. Mengapa hakim pengadilan agama jaksel mengucapkan kata tidak ada uang tidak bisa sidang.rasanya tidak punya hati nurani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses pengadilan memang wajib membayar biaya perkara menurut hukum, namun jika anda memang tidak punya uang dan tergolong tidak mampu, maka anda dapat bersidang gratis dengan cara melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan setempat.

      Hapus
  12. Ass .... Apa dan bgmn syarat syarat perceraian jika suami sdh meninggalkan kami selama 13 thn yg lalu dan tidak ada kabar sm skali apalagi nafkah utk putrinya sm skali tdk ada. Tmksih. Mhn bantuanya wassalam. Putri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda dapat mengajukan cerai gugat secara ghoib. Mekanismenya nanti suami akan dipanggil melalui surat kabar atau radio lokal, dan akan diputus perceraian oleh Hakim jika telah terbukti selama itu pergi meninggalkan anda.

      Hapus
    2. Tapi knp surat goib ptusan'a lama.
      Kata 4bln tp dh 4bln blm di panggil...
      Apa harus pertnyakan ke, pa jakArta timur???
      Sy jd ssh urus ini itu krna sttuz gantung...

      Hapus
  13. bagaimana jika perceraian terjadi sdh 2thn yg lalu, dan sekarang menuntut harta harta gono gini. karnadulunya tdk melalui pengadilan agama dan di paksa dan keterpaksaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah terjadinya perceraian, maka pengurusan seluruh akibat hukum dari perceraian bisa diajukan oleh pihak yang berkepentingan melalui pengadilan yang berwenang.

      Hapus
  14. saran buat para hakim di pengadilan agma agar lebih bijaksana dalam menghadapi setiap sidang perceraian jangan hanya mengejar banyaknya pasangan yg mau cerai terus bisa semaunya sidang perceraian nga lebih dr 5 menit bagaimna perceraian bisa di hindari jika ad hakim yg hanya sidang mengejar waktu...

    BalasHapus
  15. Maaf saya mau tanya.
    Saya tinggal di Bogor, tetapi alamat KTP masih di Tangerang Selatan. Jika saya mengajukan Gugatan Talak, ke PA yang mana ya?
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Pengadilan Agama tempat Istri berada saat ini. Jika KTP berbeda dengan domisili, maka minta keterangan dari Lurah setempat.

      Hapus
  16. apakah termohon bisa menolak perceraian karena pada hakikatnya antara suami istiri tidak ada masalah tetapi dikarenakan pihak mertua tidak suka terhadap istri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perceraian tidak dapat terjadi jika tidak ada masalah, dan setahu kami Mertua tidak suka dengan Istri tidak ditemukan sebagai alasan perceraian menurut Undang-Undang.

      Hapus
  17. kok PA jaksel g ada no.telpnya....ada yg tau g yaa...thanks

    BalasHapus
  18. ada yg tau no telp PA JAKSEL G

    KAN ADA DALIL2 PERMOHONAN PEMOHON SBG BERIKUT:
    YG NO 1. SAYA G NGERTI

    BHW PEMOHON DAN TERMOHON ADLH SUAMI ISTRI YG MELANGSUNGKAN PERNIKAHAN PD TGL.....DAN DICATAT OLEH PEGAWAI PENCATAT NIKAH KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SESUAI KUTIPAN AKTA NIKAH NOMOR .........TGL.........SESUAI DNG DUPLIKAT KUTIPAN AKTA NIKAH NOMOR KM ...... TGL......


    YG SAYA TDK MENGERTI NOMOR KM ITU YG MANA DAN TGL YG DICANTUMKAN ITU YG MANA

    MOHON SAYA INI DI BERITAHU TRIMAKASIH SEBELUMNYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan tanyakan kepada orang/pihak yang memberikan draft tersebut kepada anda mengenai maksudnya.

      Tetapi menurut pemahaman kami, itu merupakan nomor Akta Nikah dan Tanggal penerbitannya yang bisa anda lihat di buku Kutipan Akta Nikah yang tentunya ada pada anda.

      Hapus
  19. Sya mendapat surat panggilan cerai dari pa tigaraksa,tgl 23 juli sidang tgl 29 juli ,sya kira sidang pertama eh ternyata ituu sidang kedua,sedang kan sidang yang pertama sya dikasih surat nya dijadiin satu kedalem amplop sidang kedua ituu,apaa sich maksud dari PA sampe2 sya tidak tahu sidang ke1 ituu,knpa sidang ke1 surat nya dijadiin satu sama yang ke2?
    Sya merasa sangat dirugikan banget,trus appa bisa bila termohon tidak datang slama 2x hasil sidang putus?jujur sya tidak mengerti masalah inni,sya mohon jawaban nya trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut kaidahnya, jika anda tidak hadir 2 kali sidang atau 3 kali sidang, maka perkara akan diputus Hakim dengan Verstek, yaitu putusan tanpa kehadiran pihak Termohon / Tergugat.

      Atas putusan ini dapat diajukan Verzet.

      Hapus
  20. Pengadilan agama tigaraksa sdh byk yg dirugikan krn byk penggugat yg di tunda sidangnya krn blm ada balasannya dr PA tigaraksa.akibatnya sy hrs membayar trus. Dimana sy hrs mengadukan hal ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adukan ke Ketua Pengadilan Agama Tigaraksa, tembusan kepada Yth Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten di Serang.

      Hapus
  21. ass...

    sya mau tanya.... gugat cerei atau talaq biaya administrasi nya brp ....??? dengan atau tanpa pengacara....


    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya resmi perkara cerai, sekitar 600 Ribuan sampai dengan 900 Ribuan. Untuk biaya pengacara sangat beragam dan variatif, namun ingat harus hati2 dengan adanya praktek pengacara gadungan.

      Hapus
  22. dimana sya bisa mendapatkan seorg pengacara tuk mengurus gugatan cerei sya......????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan hubungi pengacara kepercayaan anda dan keluarga atau referensi dari sahabat-sahabat anda. Atau dapat lihat referensi kami di http://www.agiels.8m.com

      Hapus
  23. Hari ini saya ke kua pamulang untuk sekedar mencari informasi tentang perceraian, dan ternyata saya disuruh langsung mengurusnya di pengadilan agama TIGARAKSA. Kira2 berapa ya biaya yang harus dikeluarkan disana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berkisar antara 600 Ribu sampai dengan 900 Ribu.

      Hapus
  24. Saya menikah d pemalang jawa tengah tp saya dan swami tinggal d johar jakpus, saya ingin menggugat swami d jakarta apa bisa? Katanya hrs minta surat keterangan rt/rw baru bs d urus d jkt ap itu bnr? Bagaimana Caranya biar Cepat proses Cerainya ap bs 2 bulan turun surat cerai? N d pengadilan agama yg dekat johar baru ad dmn? Mohon keterangannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, kewenangan Pengadilan Agama Jakarta Pusat. Mintakan keterangan dari Lurah setempat. Kantor Pengadilannya di daerah Rawasari, Jakpus.

      Hapus
  25. Aslm.saya selaku tergugat dari seorang istri,waktu sidang pertama saya ikut,trus selanjutnya saya dilarang oleh mantan istri saya untuk ikut,nah dari situ sampai sekarang kurang lebih udah 9 bulanan,saya tidak jelas lagi gmn kelanjutannya,saya bingung,trus anak2 saya jadi korban ,tapi saya sebagai seorang ayah yg masih sangat sayang sama ana2,saya sering tengokin,yang saya mau tanyakan (gmn caranya agar anak 2saya bisa saya ambil dengan sah dan ada keputusan yg adil dari pengadilan,soalnya anak2 lebih dekat ke saya dibanding sama ibunya.cuma anak2 saya masih kecil2,dan kelihatan klo ibunya jg kurang kasih sayang ke anak2nya.saya mohon petunjuk yg mana yang harus saya pilih agar anak2 saya tidak terlantar dan terurus dengan baik.)trus apakan saya bisa tuntut istri saya agar bisa pertangung jawabkan semua ini karna ulah dia.klo memang pengadilan ada orang untuk melihat atau membuktikan langsung bisa ketemu dengan saya dan kita lihat langsung ke rumah mantan saya,klo memang ada yg belas kasihan ke saya,mohon bantuannya,saya sudah yatim piyatu tidak punya sodara dan orang tua,saya anak tunggal,trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda dapat mendatangi Pengadilan tempat anda sidang dahulu dan meminta salinan putusan perkara atas nama anda tersebut.

      Anda baca baik2 putusan Hakim itu, dan lihat apakah sudah ada putusan tentang hak asuh anak di dalamnya?

      Jika belum, maka anda dapat mengajukannya sekarang demi menyelamatkan anak-anak, jika tidak maka anda dapat mengajukan Gugatan Pembatalan Hak Asuh Anak ke Pengadilan tersebut.

      Hapus
  26. Jika saya ingin berkonsultasi mengenai talak..ke mana saya harus pergi,kua atau pengadilan agama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dulu ke BP4, atau langsung ke Pengadilan Agama

      Hapus
  27. Assalam.
    yg saya mau tanyakan apakah saya bisa menggugat cerai suami saya karena dia sering berkata kasar dan berprilaku ksar kpda sya?
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, suami digugat karena telah melanggar Shigot Ta'lik Talak.

      Hapus
  28. saya ingin menggugat cerai suami saya,,, saya minta info bikin surat gugat cerai.. dan gmn klw hak asuh jatuh d tangan saya tp suami tdk boleh nmenemui anak2 saya ,,, minta infon6ya dunk

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. untuk hak asuh anak, selama belum dewasa, wajib di asuh oleh ibunya, setelah anak dewasa baru bisa memilih mau ikut ibu atau ayah,
      2. belum ada hukum yg melarang seorang ayah menemui anak nya sendiri.

      Hapus
  29. Pengadilan Agama terlalu bertele2 dan buang2 waktu

    BalasHapus
  30. Saya mau tanya bagaimana cara mengurus surat cerai yang hilang berhubung saya dulu bercerai di PA Bandung tetapi sekarang saya berdomisili di jawa tengah. Mohon penjelasannya apa saja yang saya butuhkan untuk bisa mendapatkan kembali surat cerai saya . Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datangi PA Bandung, menghadap ke bagian Akta Cerai, dengan membawa identitas diri dan yang terpenting copy Akta Cerai. Jika tidak ada copynya, bawalah Salinan Putusan terdahulu agar dapat diteruskan dalam bentuk penggantian Akta Cerai.

      Hapus
  31. Ass.
    Saya maw nnya clw istri dah gg kuat ngejalani rumah tngga dngN suami ny tpi suami ny clw drii nafkah lahir ria ckup tpi clw istri ngerasa lahin batin dia gg kuat jlaniny n gg sanggp gmna.....mhon mnta bntuan jawabnny.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perkawinan tidak dapat diputus dengan alasan tidak kuat dan tidak sanggup, namun harus disertai alasan yang duperkenankan Undang-Undang demi terciptanya kepastian hukum dan ketertiban. Cobalah untuk komunikasi dengan suami atau mintalah penengah yang dapat dipercaya untuk mencari solusi demi kebaikan bersama.

      Hapus
  32. sy mw tanya kl mw gugat cerai itu prosesnya berapa lama ? biayanya berapa ? persyaratannya apa aja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosesnya berlangsung sekitar 3 bulan sampai dengan 1 Tahun tergantung bagaimana para pihak menghadapi dan menjalani persidangannya. Biaya panjar perkaranya sekitar 600 Ribu sampai dengan 900 Ribu dengan persyaratan utama adalah membuat Surat Gugatan yang telah ditandatangani untuk diajukan dalam pendaftaran perkara.

      Hapus
  33. Suami sy membuat srt pernyataan menjatuhkan talak kpd sy(surat itu d'buat thn 2008)sedangkan km pisah sejak thn 2005 tnpa pernah memberi nafkah..saya sndiri yg membesarkan ank" smpe skrng..yg ingin sy tanyakan brapabiaya'y..brapa lama proproses'y sebab yg sy dngr terlalu ber belit" mahal ongkos'y..saya nikah d'serang tp ktp dki..jaktim penggilingan..mhn informasi secepat'y..sy hrs mengurus secepat'y biar status sy jls karena sy mau mengurus bpjs utk operasi kelenjar payudara sy yg sdh lmyn besar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu silahkan urus ke PA Jakarta Timur sesuai dengan tempat tinggal Ibu saat ini.

      Hapus
  34. Bagaimana caranya mengurus perceraian tanpa adanya urusan birokrasi yang berbelit-belit. Mohon info kalau ada yang bisa, saya tinggal di kabupaten tangerang, dari tulisan2 yang saya baca banyak sekali mafia persidangan di PA Tiga Raksa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami menerima banyak sekali keluhan yang terjadi di PA Tigaraksa, namun hanya menampilkan beberapa saja mengingat bahasa dan kata-kata yang digunakan rasanya tidak pantas untuk dipublikasikan disini. Terakhir kami menerima keluhan terjadinya praktek tarik menarik para pencari keadilan yang datang ke PA Tigaraksa oleh oknum staf Pengadilan berseragam yang nantinya mengarahkan ke kantor pengacara tertentu yang berkantor dekat dari lokasi Pengadilan dimaksud.

      Untuk itu, anda bisa saja tegas menyatakan tidak menginginkan bantuan apapun, dan ingin menghadap sendiri ke meja pendaftaran, bertemu dan berbicara dengan staf pendaftaran, bukan dengan oknum staf yang hilir mudik.

      Ada baiknya anda perhatikan dan baca baik2 petunjuk yang terpampang di lokasi pengadilan agar dapat bertemu dengan staf yang kompeten dan berwenang.

      Hapus
  35. Saya mau gugat cerai suami,tp saya tdk mau hak asuh anak sedangkan anak saya msh batita apakah bs?tks

    BalasHapus
  36. izin bertanya. berapa jangka wkt pemanggilan sidang 1,2,dan ke 3???? karena pemanggilan ke 3 saya tdk ada kabar dr suami saya.
    pemanggilan pertama pada tgl 26 desember 2014,pemanggilan ke 2 tanggal 12 januari 2015,dan harusnya pemanggilan 3 kapan??? terus kapan surat cerai selesai dr sidang 1,2,dan ke 3??? saya menghubungi pengadilan jakarta timur tdk ada yang jawab,saya mohon minta no. tlp dan email jakarta timur yang jelas. apa yang saya harus lakukan dr bulan oktober sampai detik ni jika sumai lari tanggung jawab untuk nafkah anak2??? apa memang uang nafkah harus di berikan padaa saat saya sudah dapat surat cerai???? mohon jawabnya. terimakasih

    BalasHapus
  37. Mau tanya dong, kalau alamat ktp dan domisili di tangerang selatan (ciputat) itu mengajukan cerai nya kemana ya? Pengadilan agama tigaraksa atau pengadilan agama tangerang ya? Terimakasih

    BalasHapus
  38. sebelum nya terima kasih info nya bermanfaat. Sebenarnya kasus spt apakah yg masuk dlm kategori layak utk bercerai. Apakah perselingkuhan istri bisa masuk dan apakah perlu bukti2 mengenai perbatan nya supaya bisa proses cerai talak? Bagaimana jika setelah berceai mantan istri dan anak2 tetap di biayai oleh mantan suami?

    BalasHapus
  39. Mohon diberikan informasi..saya ingin menggugat cerai istri saya berhubung domisili istri saya di pamulang dan saya bekasi..tempat pernikahan saya dipamulang..saya harus ke PA kota mana ya?dan boleh tahu biaya brp saat kita mendaftar untuk proses cerai tersebut.

    Terima kasih

    BalasHapus
  40. Mohon diberikan informasi..saya ingin menggugat cerai istri saya berhubung domisili istri saya di pamulang dan saya bekasi..tempat pernikahan saya dipamulang..saya harus ke PA kota mana ya?dan boleh tahu biaya brp saat kita mendaftar untuk proses cerai tersebut.

    Terima kasih

    BalasHapus
  41. Apakah sah bila penggugat(istri) mengajukan gugatan ghoib,sedangkan selama ini kami masih 1 rumah tinggal bersama

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum
    Saya ingin konsultasi, sharing dan melaporkan serta menggugat cerai suami saya, karena baru 2 bulan menikah ia sudah menyakiti saya dengan melakukan tindak asusila, mencuri dan menipu. Sedangkan selama menikah, ia jarang sekali memberi nafkah, dan saat ini ia sedang menjalani hukumannya didalam penjara, saya ingin menggugat cerai tp dia jauh di jogja sedangkan saya di cikarang. Bagaimana cara menggugatnya? Saya sudah tidak kuat, saya trauma. Mohon pencerahannya ya..
    Terimakasih
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  43. Infonya tolong..
    hari ini saya sidang dengan bawa 2 saksi tapi saya mendadak tidak bisa hadir dalam sidang tersebut karena kerjaan yang tidak bisa ditinggalkan..apakah bisa dimajukan sidang berikutnya..mohon dibantu.

    BalasHapus
  44. Ass. Maaf sy mau tanya, posisi saya di malang jatim, kalo akte cerai yg asli hilang, untuk minta soft copy nya lagi dari pengadilan bekasi apa bisa? Karna untuk pengurusan kartu keluarga baru membutuhkan akte cerai tersebut, mohon bantuan nya, jika di wakilkan bagaimana persyaratannya, trima kasih

    BalasHapus
  45. Maaf mau tanya,saya menikah di cikarang. Tapi sekarang KTP saya sudah ikut alamat rumah suami di ciputat (tangerang selatan ), lalu saya harus mengajukan gugatan di pengadilan mana?terimakasih.

    BalasHapus
  46. saya mau tanya ...
    saya menikah di bogor dan saya mau gugat cerai suami saya apa bisa di urus d jakarta ..karena domisili asli saya dan suami saya di jakarta ... dan berapa kira kira biaya nya ? surat surat apa saja yang di perlukan untuk mengurus semua nya dan satu lagi posisi suami saya skrg ada di dalam bui apa bisa saya urus tanpa kehadiran suami saya ??karna sebelum masuk bui dia udh sering kasar sama saya ... terimakasih

    BalasHapus
  47. saya mau tanya ...
    saya menikah di bogor .. saya mau gugat cerai suami saya di jakarta bisa apa ga ya ? karena domisili asli saya dan suami saya di jakarta ..saya harus urus itu ke mana dan surat surat apa saja yg dibutuhkan dan berapa biaya nya ? dan satu lagi posisi suami saya ada di dalam bui apa saya bisa urus tanpa kehadiran suami saya ....karena sebelum masuk bui pun dia sudah sering kasar .... terimakasih

    BalasHapus
  48. saya akan mengugat cerai istri saya pak gmna cara dan prosedurnya ya

    BalasHapus
  49. untuk pendaftaran gugatan cerai persyaratan apa saja yang harus dibawa dan foto copyan atau aslinya ? domisili saya dipamulang dan pengadilan agamanya sepertinya di tiga raksa

    BalasHapus
  50. saya cuma mau tanya kalo hari sabtu pengadilan agama itu buka atu tidak yah? kalo buka sampai jam brapa? trims

    BalasHapus
  51. saya cuma mau tanya pengadilan agama tigaraksa hari sabtu buka gak yah? trims

    BalasHapus
  52. Assalamuailaikum. Wr. Wb. Saya ingin bertanya saya ingin bercerai dengan suami saya karna saya tidak di nafkahi oleh suami saya selama 1,6 bulan. Saya sudah berbicara dengan suami saya tapi dia selalu ngamuk2 dan suka memanggil arwah2 yang sudah mati sampai saya di ancam2 akan di bunuh jika bercerai dengan suami saya. Lalu saya berbicara dengan pak rt dan pak rw terkait permasalahan saya dan jawaban mereka kami harus sidang, disini pertanyaannya apakah boleh saya membuat surat cerai tangan terlebih dahulu lalu saya menjalani sidang tanpa ada suami saya? Dan apakah itu di sah kan oleh pengandilan? Terimakasih. Wasalamualaikum. Wr. Wb

    BalasHapus
  53. Ass ..
    Siang bu . Saya mau tanya .. nomor surat panggilan sidang sma nomor surat akta cerai sama apa enggak ya ..mohon bantuannya .
    Trims ...

    BalasHapus
  54. Assalamualaikum saya mau nanya .saya nikah dijateng tp skrg netap dibandung klo saya mau cerai saya daftar di pengadilan mna y

    BalasHapus
  55. Assalamualaikum saya mau nanya saya nikah di jateng skrg dah netep dibandung klo mau cerai saya kdu daftar di pengadilan mana y

    BalasHapus
  56. Sy tinggal di tangerang akan tetapi ktp masih di daerah jogja. Temapat nikah saya di rmh ortu solo.Sedangkan suami saya sdh kembali ke jogja. Dimanakah saya haris mendaftarkan gugatan cerai saya. Apakah di tangerang atau di tempat nikah saya dulu

    BalasHapus
  57. Langkah pertama jika ingin bercerai ke pengadilan agama apa aja persayaratan kelengkapan surat2 yg harus saya bawa

    BalasHapus
  58. Saya Hanya ingin sekedar bertanya,,, saya laki2 digugat cerai oleh istri saya,,,, tpi saya tidak mau dan tidak memberikan buku nikah saya,,, tpi saya sudah mendapatkan surat cerai,,, itu resmi apa tidak yach,,, terima kasih

    BalasHapus
  59. Saya Hanya ingin sekedar bertanya,,, saya laki2 digugat cerai oleh istri saya,,,, tpi saya tidak mau dan tidak memberikan buku nikah saya,,, tpi saya sudah mendapatkan surat cerai,,, itu resmi apa tidak yach,,, terima kasih

    BalasHapus
  60. Kalau numpang nikah di KUA pondok gede, gugat cerainya ke Pengadilan Agama Jakarta Timur atau Bekasi ya pak?.. KTP isteri : jakarta timur, KTP suami di cileduk.. mohon pencerahannya.. terimakasih

    BalasHapus
  61. Jika KTP isteri : Jakarta Timur, KTP suami : Cileduk Tangerang, dan kami numpang nikah di KUA Pondok Gede.. maka gugat cerainya di kirim ke PA Jakarta Timur atau ke Bekasi ya pak?. Mhn pencerahannya.. terimakasih.

    BalasHapus
  62. saya menikah di kota bandung, dan menetap di kota padang ( ktp kota padang) setelah bercerai suami tinggal di bandung dan saya tetap di kota padang boleh kah suami mendaftarkan gugat cerai nya di pengadilan kota bandung

    BalasHapus
  63. saya menikah di kota bandung, menetap di kota padang dan KTP padang, setelah bercerai suami tinggal di bandung dan saya tetap di padang. boleh kah suami menggurat cerai lewat pengadilan agama kota bandung ?

    BalasHapus
  64. Saya baru ingin mendaftarkan gugatan cerai untuk suami di PA ciracas jakarta timu.
    Syarat'y apa aja ya untuk mendaftarkan gugatan? Mohon info'y

    BalasHapus
  65. Saya baru ingin mendaftarkan gugatan cerai untuk suami di PA ciracas jakarta timu.
    Syarat'y apa aja ya untuk mendaftarkan gugatan? Mohon info'y

    BalasHapus
  66. Saya dapat laporan dr KUA Klaten, mau tanya kenapa ada cerai talak tetapi yang mengajukan Isteri dan saya sudah melihat Akta cerainya No. 315/AC/2017/PA Bdb.dengan No perkara 306/Pdt.G/2017/PA. Bdb. itu bagaimana dan ini orangnya akan menikah

    BalasHapus
  67. Saya dapat laporan dr KUA Klaten, mau tanya kenapa ada cerai talak tetapi yang mengajukan Isteri dan saya sudah melihat Akta cerainya No. 315/AC/2017/PA Bdb.dengan No perkara 306/Pdt.G/2017/PA. Bdb. itu bagaimana dan ini orangnya akan menikah

    BalasHapus
  68. Saya dapat laporan dr KUA Klaten, mau tanya kenapa ada cerai talak tetapi yang mengajukan Isteri dan saya sudah melihat Akta cerainya No. 315/AC/2017/PA Bdb.dengan No perkara 306/Pdt.G/2017/PA. Bdb. itu bagaimana dan ini orangnya akan menikah

    BalasHapus
  69. Assalamualaikum ,
    Saya mau nanya ko calon saya dapet surat cerai dari P.A dari pengadilan agama bekasi tapi ko disinihnya engga bisa,nah setelah dihubungin lagi ke P.A buat minta akte cerai malah biayanya gede banget ampe dimintain 7jt itu gimana yaa , tolong donk dibantu ..
    Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  70. Asskum, mau nnya donk mas calon saya dapet surat cerai dari pengadilan bekasi rencananya mau nikah di daerah klender tapi engga bisa harus dimintain akte cerai pada hal kan itu surat cerai juga dari P.A msa ga bisa , udh gitu stelah dihubungin pikah P.A untuk ngurus akte cerai malah dikenain biaya gede ampe 7jt saya kaget pada hal kan datanya udah ada tapi masih Dimintain dana segitu ..
    Tolong donk mas dibantu makasih

    BalasHapus
  71. Mas mau nnya donk calon saya kan dapet surat cerai dari PA bekasi tapi ko kata KAU sini data.a kurang disuruh minta akte cerai pada hal kan itu surat dari PA msa masih engga bisa , udh gitu calon saya hbungin PA bekasi buat ngurus akte cerai malah dikenain biaya gede hampir 7jt.n itu gmn mas tolong dibantu mkasih ..

    BalasHapus
  72. Saya menikah di Purworejo tinggal di jakarta di gugat cerai istri tapi saya ga pernah terima surat panggilan sidang, terakhir dapet surat pemberitahuan isi putusan, smpe saat ini saya tidak tau keberadaan mantan istri saya krn saya butuh surat cerai itu, bagaimana saya bs mendapatkan surat cerai itu, mohon penjelasan nya

    BalasHapus
  73. Saya mau cerai tapi KTP yg di Alamat nikah sudah gak ada dan gak ada akte lahir anak saya itu bagaimana yaa prosesnya

    BalasHapus
  74. Sy kan ad di kota tangerang sedangkan mantan suami ad d kabupaten . sy sudah gugat cerai dan sudah ketok palu artinya sah kan itu malah mntan suami tdk hadir dlm prsidangan. Yang jadi pertanyakan seberapa lama sy hrs nunggu surat cerai dr pengadilan .dan apa sbnrnya yg jadi ketentuan di persidangan jika stelah ketok palu ..tlong dperjelas . tks

    BalasHapus
  75. Sy kan ad di kota tangerang sedangkan mantan suami ad d kabupaten . sy sudah gugat cerai dan sudah ketok palu artinya sah kan itu malah mntan suami tdk hadir dlm prsidangan. Yang jadi pertanyakan seberapa lama sy hrs nunggu surat cerai dr pengadilan .dan apa sbnrnya yg jadi ketentuan di persidangan jika stelah ketok palu ..tlong dperjelas . tks

    BalasHapus
  76. Sy tinggal di tambun bersama istri anak dn mertua perempuan.Sy di gugat cerai oleh istri sy.tetapi sy tdk pernah merasa di undang oleh pengadilan krn sy tugas di luar kota plg sebulan sekali. Tetapi istri sy merasa bahwa dia sdh ceraikan sy resmi di PA.sementarq mertua sy sgt menentang perceraian itu. Dan sy pun sampai mati jg tdk akan ceraikan istri sy krn sy sayang dia dan anak sy.apakah sah akte cerai yg istri sy tunjukan ke sy. Ada stempel EX ISTRI.bukanya PA tdk akn buat putusan sebelum mempertemukan kedua belah pihak utk mendamaikan.apakah palsu akta cerai yg di bawa istri sy krn ada 2 lembar msg2 dr PA. Yg 1 kertas putih background garuda yg 1 lg kertas kuning.apa hukumnya bagi pemalsu akta bila mmg akta itu palsu.mohon petunjuk.tks

    BalasHapus
  77. Asalam alaikum...sy mau tanya, knp yaa akta cerai talak yang sudah 3 minggu di putuskan dan di kabulkan oleh majelis hakim sampe dgn skrng blm ada penerbitan aktanya. sy ke PA langsung katanya tunggu aja 2 minggu. Ko skrng blm ada juga?

    BalasHapus
  78. Asalam alaikum...sy mau tanya, ko akta cerai talak sy lama penerbitannya, katanya cm 2 minggu sampe dgn skrng sdh 3 minggu lebih blm juga ada infonya? Padahal sdh ada putusan dri majelis hakim dan sdh di kabulkan. Dan juga dri pihak perempuannya tdk ada tuntutan apa2 malah pihak perempuan juga pinginnya di percepat penerbitan aktanya.

    BalasHapus
  79. Selamat malam....mohon pencerahan nya bapak/ibu

    Sy tinggal d pulogadung pas menikah dulu di daerah pamulang sedangkan ktp saya yogyakarta ikut suami.....kemanakah saya harus mengajukan gugatan cerai saya.....terimakasih mohon pencerahan nya segera

    BalasHapus
  80. Saya mau tanya, menggugat cerai suami karena telah pergi meninggalkan istri selama 1 tahun lebih dan tidak pernah memberi nafkah, kemudian laporan gugatan itu di buat secara ghoib oleh Pengadilan Agama, yang mau saya tanyakan apakah akte cerai akan keluar, dan kira2 berapa lama akte cerainya bisa diambil.. mohon jawabanny.. terimakasih

    BalasHapus
  81. Saya mau gugat cerai istri saya,saya tinggal di kalideres jakarta barat .saya mau konsultasi dulu .tentang bagaimana berproses,saya mesti kemana yah?

    BalasHapus
  82. Saya mau mengugat cerai istri,saya tinggal di kalideres.jakarta barat ,saya mau konsultasi prosedurnya bagaimana,dan saya harus kemana?

    BalasHapus
  83. Selamat sore..sy ingin bertanya apa sajakah persyaratan yg harus disiapkan untuk pengajuan guagat cerai...dan bagaimana jika beragama nasrani kmna harus mngajukannya krn sy mnikah didaerah krawang..mohon pnjelasannya. Terima kasih

    BalasHapus
  84. Selamat sore..sy ingin bertanya apa sajakah persyaratan yg harus disiapkan untuk pengajuan guagat cerai...dan bagaimana jika beragama nasrani kmna harus mngajukannya krn sy mnikah didaerah krawang..mohon pnjelasannya. Terima kasih

    BalasHapus
  85. Ass sy mau tanya stelah sy byr panjar perceraian krn pihak laki tidak pernah hadir..brp lama smp sy dpt kan akte perceraian???

    BalasHapus
  86. Selamat siang pak,,saya mau tanya..saya dan istri sudah cerai beberapa tahun lalu,gugat cerai dpengadilan agama kuningan jawa sna,,beberapa tahun ini saya tidak pernah contact lg sm mantan istri krna dia juga sudah menikah lg dkuningan sana.yang saya tanyakan,saya butuh akta cerai utk menikah tp apa saya bisa ambil di pengadilan jakarta?apa harus pengadilan agama kuningan sana?mohon info nya.mksih sebelumnya pak/ibu

    BalasHapus

Silahkan tuliskan komentar atau tanggapan di bagian ini. Mohon pergunakan bahasa yang baik, singkat namun mudah dipahami secara umum. Jangan gunakan singkatan2 kata yang tidak populer sehingga akan menghindari kami dari salah interprestasi.

Selanjutnya komentar anda akan kami tanggapi sesegera mungkin.

Salam hormat,
JAMEMAGAM

AKTA CERAI

Pembaca yg budiman, Sejak dibuatnya blog ini untuk khalayak ramai sebagai bentuk khazanah hukum guna memberi pengetahuan dasar tentang Perk...