PENDAHULUAN

Temukan pengetahuan mengenai Perkara Cerai disini. Baca & simak sesuai dengan masalah yang anda hadapi.

Jika anda tidak ingin membaca beberapa tulisan saya yang bersifat teoritis terkait dengan Undang-Undang Perkawinan, Undang-Undang Peradilan Agama, Kompilasi Hukum Islam karena memang anda sedang menjalani atau akan menjalani sidang pemeriksaan perkara anda, maka silahkan anda langsung masuk ke DAFTAR ISI di bawah ini lalu Klik artikel tentang "PROSEDUR PERCERAIAN" sesuai kebutuhan yang saya bagi dalam 3 (tiga) kelompok, yaitu :

1. Artikel : GUGAT CERAI : Bagi anda yang beragama ISLAM Seorang ISTRI yang akan menggugat perceraian dari SUAMI.

2. Artikel : CERAI TALAK : Bagi anda yang beragama ISLAM seorang SUAMI yang akan memohon izin untuk menjatuhkan talak kepada ISTRI.

3. Artikel : GUGATAN PERCERAIAN : Bagi anda yang beragama NON MUSLIM seorang SUAMI atau seorang ISTRI yang memiliki alasan / alasan-alasan yang cukup untuk melakukan perceraian.

Perlu kita ketahui, bahwa meningkatnya perkara perceraian dewasa ini sungguh membuat miris hati, walau sesungguhnya sulit bagi seseorang memutus suatu ikatan Perkawinan. Belum lagi dampaknya terhadap anak-anak & keluarga dari kedua belah pihak berperkara.

Kemudian, dalam pelaksanaannya banyak para Pencari Keadilan harus berhadapan dengan praktek-praktek menyimpang dari oknum-oknum Birokrasi. Juga acap ditemukan bentuk-bentuk intimidasi, tekanan, & penyalahgunaan wewenang serta penyelewengan Hukum Acara dari yang seharusnya.

Mengingat hal-hal itu & betapa masyarakat masih buta hukum, maka Blog ini dapat memberi alternatif jalan keluar serta menjadi pilihan pembuka wawasan bersama.

Semoga bermanfaat...!
dan Selamat Bersidang.

CERAI TALAK

Prosedur Mengajukan PERMOHONAN TALAK di PENGADILAN AGAMA Bagi SUAMI (MUSLIM) Selaku PEMOHON :


Langkah-langkah yang harus dilakukan Pemohon (Suami) atau Kuasanya.


  1. Mengajukan Surat Permohonan atau lisan kepada Pengadilan Agama / Mahkamah Syar'iyah
  2. Pemohon dianjurkan untuk meminta petunjuk kepada Pengadilan Agama / Mahkamah Syar'iyah tentang tata cara membuat Surat Permohonan.
  3. Surat Permohonan dapat dirubah sepanjang tidak mengubah Posita dan Petitum. Jika Termohon telah menjawab Surat Permohonan ternyata ada perubahan, maka perubahan tersebut harus atas persetujuan Termohon.
  4. Permohonan tersebut diajukan kepada Pengadilan Agama / Mahkamah Syar'iyah yang daerah hukumnya meliputi tempat kediaman Termohon
  5. Bila Termohon meninggalkan tempat kediaman bersama tanpa Izin Pemohon, maka Permohonan harus diajukan kepada Pengadilan Agama / Mahkamah Syar'iyah yang daerah hukumnya meliputi tempat kediaman Pemohon.
  6. Bila Termohon berkediaman di luar negeri, maka Permohonan diajukan kepada Pengadilan Agama / Mahkamah Syar'iyah yang daerah hukumnya meliputi tempat kediaman Pemohon.
  7. Bila Pemohon dan Termohon bertempat kediaman di luar negeri maka Permohonan diajukan kepada Pengadilan Agama / Mahkamah Syar'iyah daerah hukumnya meliputi tempat dilangsungkannya perkawinan atau kepada Pengadilan Agama Jakarta Pusat
  8. Permohonan tersebut memuat :

a. Nama, umur, pekerjaan, agama dan tempat kediaman Pemohon dan Termohon;

b. Posita (fakta kejadian dan fakta hukum);

c. Petitum (hal-hal yang dituntut berdasarkan posita)

  1. Permohonan soal Penguasan Anak (Hadlonah), Nafkah Anak, Natkah Istri dan Harta Bersama dapat diajukan bersama-sama dengan Permohonan Cerai Talak atau sesudah IKRAR TALAK diucapkan
  2. Membayar biaya perkara, bagi yang tidak mampu dapat berperkara secara cuma-cuma (Prodeo).


Tahapan Persidangan :


  1. Pada pemeriksaan sidang pertama, Hakim berusaha mendamaikan kedua belah pihak, dan Suami Istri harus datang secara pribadi.
  2. Apabila tidak berhasil, maka Hakim mewajibkan kepada kedua belah pihak agar lebih dahulu menempuh Mediasi.
  3. Apabila Mediasi tidak behasil, maka pemeriksaan perkara dilanjutkan dengan membacakan Surat Pemohonan, Jawaban, Jawab Menjawab (Replik dan Duplik), Pembuktian (Bukti Tertulis dan Saksi-Saksi) dan Kesimpulan.
  4. Dalam tahap Jawab Menjawab (Replik dan Duplik) sebelum Pembukian) Temohon dapat mengajukan Gugatan Rekonvensi (gugat balik).
  5. Putusan Pengadilan Agama / Mahkamah Syar'iyah atas Permohonan Cerai Talak sebagai berikut:

a. Permohonan dikabulkan. Apabila Termohon tidak puas dapat mengajukan Banding ke Pengadilan Tinggi Agama setempat melalui Pengadilan Agama / Mahkamah Syar'iyah tersebut.

b. Permohonan ditolak. Pemohon dapat mengajukan Banding ke Pengadilan Tinggi Agama setempat melalui Pengadilan Agama / Mahkamah Syar'iyah tersebut/

c. Pemohonan tidak diterima.Pemohon dapat mengajukan Surat Permohonan baru.

  1. Apabila permohohann dikabulkan dan Putusan telah memperoleh kekuatan hukum tetap, maka :
    1. Pengadilan Agama / Mahkamah Syar'iyah menentukan hasil sidang penyaksian IKRAR TALAK;
    2. Pengadilan Agama / Mahkamah Syar'iyah memanggil Pemohon dan Temohon untuk melaksanakan Ikrar Talak.
    3. Jika dalam tenggang waktu 6 (enam) Bulan sejak ditetapkan sidang penyaksian Ikrar Talak, Suami atau kuasanya tidak melaksanakan Iknr Talak di depan sidang, maka gugurlah kekuatan hukum Penetapan tersebut dan Perceraian tidak dapat diajukan lagi berdasarkan atas alasan hukum yang sama.
  2. Setelah IKAR TALAK diucapkan Panitera berkewajiban memberikan AKTA CERAI sebagai surat bukti terjadinya Perceraian kepada kedua belah pihak.

5 komentar:

  1. Assalamualaikum...stlh saya membaca artikel tsb diatas,saya mau berbagi cerita ttg teman saya yg mau bercerai dr istrinya,teman saya seorang pria yg sdh berkeluarga n mempunyai 3 anak,rumah tangga yg ia bangun sdh 10 tahun,selama mengarungi bahtera rmh tangganya dia merasakan tdk adanya keharmonisan lagi,dia sdh mengajukan gugatan cerai ke P.A n dia sdh menjalani sidang yg ke 6 untuk pemanggilan saksi,dia merasa hakim tdk berpihak kpdnya krn gugatan yg dia ajukan tdk mendasar,n dr phk istrinya diceraikan n tdk mau mengakui gugatannya,dia sdh pgn sekali bercerai dr istrinya,n dia sdh tdk sanggup lg menjalani khdpn rmh tangga dgn istrinya itu,mnrt anda apakh dgn kasus demikian hakim akan menolak gugatannya?dan apa yg hrs dia lakukan nantinya pak?slama ini dia ckp sbr mengahadapi istrinya yg krs kepala itu,tolong beri komentar pak

    BalasHapus
  2. trimakasih infonya boss... ak lagi mau ngajuin talak cerai nih...
    mohon doanya biar lancar y

    BalasHapus
  3. Ass..sayapun ingin berbagi cerita stlh membaca artikel diatas, ttg om saya yg akan mnceraikan istrix hingga skrg sdh sidang ke-5 yg sblmx akn sidang saksi nmun tiba2 istrix datang dn br skrg mnjawab dan langsng rekonpensi.sblmx tdk prnah mghadiri sidang.adapun om sy mengajukan cerai talak krn istrix tdk bs memberi keturunan,tdk menyukai anak dari istri 1 om,istrix jg pux anak dr suami 1 namun tggal brtiga jd scara oyomatis sluruh biaya hdupx om sy yg tanggung smntara anak dari istri 1 om tdk mau menyukaix sm skali apalg mau tinggal brsmx. mhn bantuannya. makasih!

    BalasHapus
  4. saya ingin mengajukan cerai talak, saya sudh memulangkan istri saya baik2 didepan ayah dan kakaknya dan saya antar bersama tante dan sepupu saya. dimana saya dapat mengajukan permohonan cerai talak?apakah di PA Tigaraksa krna kediaman saya di bogor dan istri saya dkrg di rumah orang tuanya di pisangan, tangerang selatan, banten jabar. mohon infonya.

    BalasHapus
  5. assalamualaikum wr.wb...sy sudah mentalak istri sy lebih dr 3 kali tp lewat sms...tp akhirnya sy sadar apa yg saya lakukan sangat memalukan untuk saya dan keluarga saya...sy ajak istri sy untuk balik lagi/rujuk, tp istri sy tidak mau dengan alasan sudah sakit hati sm sy......tp sy sudah menunjukkan itikad baik untuk rujuk dan jawaban dia selalu tidak mau balik lagi sm sy....yg jd pertanyaan saya apakah sy harus meneruskan gugatan cerai sy atau biar saja di yg menggugat cerai saya...mohon jawabannya...terima kasih...wassalammualaikum wr.wb..

    BalasHapus

Silahkan tuliskan komentar atau tanggapan di bagian ini. Mohon pergunakan bahasa yang baik, singkat namun mudah dipahami secara umum. Jangan gunakan singkatan2 kata yang tidak populer sehingga akan menghindari kami dari salah interprestasi.

Selanjutnya komentar anda akan kami tanggapi sesegera mungkin.

Salam hormat,
JAMEMAGAM